Selingkung di kampus

Aku mau ngomongin tentang selingkung di kampus nih. Eits, jangan salah baca loh, ini SELINGKUNG bukan SELINGKUH, pake “NG” loh yah bukan pake “H” :D

Mungkin sebelumnya, sedikit aku jelasin dulu apaan sih “selingkung” itu? Dulu sempet waktu kuliah matrikulasi awal, dikasih materi kuliah tentang penulisan ilmiah yang baik, jadi biar nanti waktu menyusun laporan ilmiah atau thesis mahasiswa/i sudah menguasai. Ada salah satu bahasan materi kuliah tentang si selingkung ini. Jadi secara terminologi menurut kamus bahasa Indonesia selingkung adalah : (1) sekeliling; sekitar: di ~ pekarangan itu ditanami pohon petai cina; (2) terbatas pada satu lingkungan: gaya.

Klo dalam penulisan, selingkung itu berarti gaya bahasa atau tata cara penulisan yang sesuai dengan lingkungan tempat dimana si penulis berada atau menargetkan tulisannya akan dibaca. Dalam bahasa Inggris, selingkung disebut style guide. Gaya penulisan jurnal bidang ilmu eksata akan berbeda dengan gaya penulisan ilmu sosial, humaniora, sastra, dan pastinya berbeda pula dengan gaya penulisan popular di media massa.

Nah, sekarang nih aku pengen ngomongin bukan gaya bahasa penulisan yah tapi lebih ke gaya bahasa verbal selingkungnya di lingkungan militer. Sebenernya sih kampus aku itu merupakan kampus umum di bidang pertahanan, bukan seperti kampus pertahanan khusus militer NDU (National Defence University) nya negara-negara lain, tetapi UNHAN ini masih mempertahankan kekhasan militernya di dalam kampus. Nah salah satu kekhasan yang pengen aku bahas disini tentang gaya bahasa informalnya (sometimes formal) dikalangan para organic yang jadinya bisa mempengaruhi para mahasiswa/i sipil seperti aku ini. Beberapa gaya bahasa selingkung militer digunakan dalam kampus seperti:

Mohon izin (klo bagi orang sipil bahasa yang biasanya digunakan: permisi)

Komandan atau hanya …Dan (panggilan formal untuk  bapak/ibu yang pangkat/jabatannya lebih tinggi)

Abang (digunakan untuk panggilan akrab pada senior yang terkadang lebih tinggi jabatannya)

Siap (klo bagi orang sipil bahasa yang biasanya digunakan: baik/OK)

Ulangi! (ini digunakan jika dalam berbicara formal kepada audience, seorang militer mengucapkan kekeliruan kata/kalimat sebelum membetulkan dengan kata/kalimat yang benar, biasanya disela dengan kata ulangi!, yang biasanya klo orang sipil gunakan adalah kata maaf)

Ummm apalagi yah? baru segini aja yang aku inget, nanti klo inget yang lain aku uppdate lagi deh postingan ini. Jadi klo dicontohin dalam percakapan adalah seperti ini:

# Selamat pagi, mohon izin komandan! atau Izin Dan, kami bermaksud…

#Siap komandan semua mahasiswa berjumlah 120 orang! atau Siap Dan

#…jika peraturan selama mengikuti perkuliahan mahasiswa wajib memakai daster ulangi dasi, maka seharusnya peraturan itu dipatuhi.

Yah kira-kira begitu deh contoh-contoh penggunaan kata-kata selingkung militer di kampus UNHAN. Ya wajar kali yah secara staf akademik, dosen, rektor, dan mahasiswanya kebanyakan kalangan militer jadi bahasa-bahasa begitu udah biasa untuk diucapkan. Masalahnya pada awalnya kata-kata itu  terasa gak lazim di telingaku, apalagi klo sampai digunakan dalam percakapanku gak kepikiran samasekali dan kayanya gak mungkin deh klo aku sampe ngikutin :D 

Tapi kayanya jumawa deh buat aku berpikiran begitu soalnya ternyata aku pun ikut terkooptasi aja dong kakaaa :D Jadi tanpa sadar aku tuh sering klo lagi ngobrol sama suami, tiba-tiba ngomong “siap” atau “mohon izin” instead of “OK” atau “misi” hahaha :D Untungnya belom sampai tahap “Siap Dan” ke suamiku, bisa-bisa kaya ajudan rumah tangga deh eike :P

Klo kata orang, jika kita berteman dengan tukang minyak wangi pasti kita ikutan jadi wangi, begitu juga gaya bahasa selingkung. Jadi aku wanti-wanti nih ya, jangan terlalu antipati atau jumawa terhadap suatu lingkungan, beware kamu akan terkooptasi, waspadalah!! waspadalah!! waspadalah!! :D

Categories: Indonesia, Kampus, Kuliah | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 78 other followers

%d bloggers like this: